Senin, 16 April 2012

Resensi Buku "KISAH PARA SAHABAT WANITA RASULULLAH SAW"

KISAH PARA SAHABAT WANITA RASULULLAH SAW

Judul               :           35 Sirah Shahabiyah ( Jilid 1 )
Penulis            :           Mahmud Al-Mishri
Penerbit          :           Al-I’tshom Cahaya Umat
Tahun Terbit   :           2006
Tebal               :           424 Halaman  

            Pada Era modern ini tidak banyak orang yang tertarik membaca wacana sejarah. Sejarah memang tidak selalu dianggap menarik bagi setiap masyarakat. Namun sejatinya, sejarah bisa dijadikan sebagai guru dalam kehidupan .
            Syaikh Mahmud Al-Mishri Abu ‘Ammar dalam bukunya yang berjudul asli Shahabiyyaat Haul Ar-Rasuul SAW ini, memaparkan kisah para sahabat wanita Rasulullah SAW, Khodijah binti Khuwailid ra, Saudah binti Zam’ah ra, Aisyah binti Abu Bakar, Hafshah binti Umar ra, Zainab binti Khuzaimah ra, Ummu Salamah ra, Zainab binti Jahsy ra, Juwairiyah binti Al-Harits ra, Ramlah binti Abu Sufyan ra, Shafiyyah binti Huyay ra, Maimunah binti Al-harits ra, Fatimah binti Rasulullah saw, dan Halimah As-Sa’diyah. Beliau ingin menunjukkan bahwa para sahabat Nabi SAW adalah generasi terbaik sepanjang sejarah peradaban Islam. Mereka adalah sekumpulan manusia terbaik setelah para Nabi dan Rasul.
            Gagasan dalam buku ini menunjukkan bahwa sejarah sangat berperan penting dalam kehidupan masa kini. Mempelajari sejarah para sahabat Nabi SAW ialah salah satu langkah besar untuk membangkitkan semangat umat.
            Dari kisah-kisah para sahabat yang ada di buku ini, penulis mengajak pembaca menjadi pribadi yang lebih baik. Salah satu sahabat Rasulullah yang patut dijadikan contoh ialah Khodijah binti Khuwailid ra.
            Khodijah binti Khuwailid ialah wanita Teragung sejagat raya. Seorang wanita yang dewasa, cerdas, pandai menjaga kesuciannya dan terpandang. Sehingga ia mendapat gelar Ath-Thahirah (wanita yang suci). Istri pertama dari manusia paling agung sepanjang zaman. Khadijah adalah orang pertama yang beriman kepada Nabi SAW, Khadijah memiliki 2 orang putra dan 4 orang putri. Selama hidup bersama Khadijah, Rasulullah tidak menikah dengan wanita lain sampai khadijah meninggal dunia. Rasulullah sangat mencintai Khadijah, terlihat sangat jelas pada saat Rasulullah kehilangan Khadijah untuk selamanya. Beliau sangat sedih dan merasa sangat kehilangan.

            Selain kisah Khadijah binti Khuwailid ra, banyak kisah menarik seperti kisah seorang wanita yang dermawan dan ikut hijrah dua kali yaitu Saudah binti Zam’ah, ada Aisyah binti Abu Bakar ra yang kesuciannya diumumkan dari tujuh lapis langit dan istri Nabi saw di dunia dan akhirat. Hafshah binti Umar ra, dia adalah seorang ahli puasa dan shalat, dia adalah istrimu di Surga. Zainab binti Khuzaimah, dia adalah ibunda kaum fakir dan miskin. Ummu Salamah yang kesabaran dan ketabahannya yang membuahkan balasan yang agung. Zainab binti Jahsy ra, yang pernikahannya diatur dari tujuh lapis langit. Juga ada Juwairiyah Binti Al-Harits ra, dialah wanita paling berkah bagi kaumnya. Ramlah binti Abu Sufyan ra, yang hijrah dan ketabahannya membuahkan balasan yang mulia. Shafiyyah binti Huyay ra, disebuah hadits dijelaskan “engkau adalah keturunan Nabi, Pamanmu adalah nabi dan Suamimu adalah Nabi”. Maimunah binti Al-Harits ra, disebutkan disebuah hadits bahwa “Maimunah adalah wanita yang paling bertakwa dan paling kuat menjaga silaturrahmi diantara kami” (Aisyah ra.). Fatimah binti Rasulullah saw, Rasulullah megatakan bahwa Fatimah adalah pemimpin para wanita surga. Dan yang terakhir adalah Halimah As-Sa’diyah, ‘dari air susunya, tumbuh manusia tersuci di muka bumi.
            Kelebihan yang sangat tampak dari buku ini ialah kerincian dari kisah para shahabiyyah. Selain itu, kelebihannya juga terlihat jelas dari data-data yang terpapar di buku ini yang bersumber dari hadits-hadits dan kitab-kitab yang sudah teruji keshahihannya. Bahasanya pun  mudah untuk dipahami oleh para pembaca pemula.          
            Kehadiran buku ini dalam edisi Indonesia patut dibanggakan, terutama bagi kaum Hawa. Melalui buku ini kita akan mengetahui perjalanan hidup setiap para sahabat wanita,  diibaratkan sekuntum bunga yang keharumannya masih tercium sampai saat ini. Dengan hadirnya buku ini diharapkan membawa perubahan yang baik bagi perempuan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ingat waktu ya ^_^

Hamster ku