Senin, 16 April 2012

Resensi buku kumpulan cerpen "Sakura Mekar di Padang Salju"

Judul               :           Sakura Mekar di Padang Salju
Penulis            :           Sunu Hadi, Rizuka, Tethy Ezokanzo, Aan Wulandari, Irmayanti,
                                    Gilang Tresna, Rieska Oktavia, Mulla Kemalawaty, Seriyawati,
                                    Ulya Zulmadjdi                                 
Penerbit          :           Azka Media
Tahun Terbit   :           2009
Tebal               :           vi + 218 Halaman 

            Buku kumpulan cerpen ini merupakan karya dari beberapa penulis yang bergabung di Forum Lingkar Pena Jepang. Beberapa penulis yang ikut menyumbang cerpen di buku ini adalah Sunu Hadi, Rizuka, Tethy Ezokanzo, Aan Wulandari, Irmayanti, Gilang Tresna, Rieska Oktavia, Mulla Kemalawaty, Seriyawati, Ulya Zulmadjdi. FLP Jepang  berdiri sejak 4 Januari 2004, selain mengapresiasikan karya mereka melalui karya sastra mereka juga mengapresiasikannya melalui acara dongeng untuk anak melalui radio online. 7 dari 10 penulis dalam buku ini bergabung dengan FLP Jepang saat mereka menemani keluarga mereka yang melanjutkan studi di Jepang.
            Gagasan dalam buku ini menceritakan tentang kehidupan-kehidupan masyarakat muslim yang tinggal di Jepang, dalam rangka menuntut ilmu maupun mencari keping-keping rupiah.
            Buku ini terdiri dari 15 cerpen yang sangat menarik, berikut judul cerpen yang ada didalam buku ini : Sakura Mekar di Padang Salju, Siluet Hakutsuru, Tak Ingin Sendiri, Menanti yang Tak Kembali, Tantangan dalam Sepekan, Harga Diri, Dou Itadakimasu, Kenapa Mau Seperti Itu, Antara Tokyo dan Kyoto, Sendiri Tak Selalu Sepi, Kyou No Hiwa Sayonara, Sakura Menggapai Cahaya, Tersenyumlah,Na, Kartu Pos Momiji, Menggapai Samar Cahaya. Dari ke 15 cerpen tersebut ada satu yang paling menarik, cerpen ke 8 yang berjudul “Kenapa Mau Seperti Itu”, cerpen ini menceritakan pandangan seorang wanita non-muslim terhadap komunitas muslim di negri sakura.
            Namanya Fushiko, kini ia bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran. Beberapa hari terakhir ini perhatiannya tertuju pada seseorang pengunjung yang berperilaku agak aneh. Aneh disini terlihat saat si pengunjung aka memesan makanan, pengunjung tersebut tidak berbicara sedikitpun dan hanya menunjukkan pesan singkat kepada Fushiko. Bahkan si pengunjung tidak mengetahui nama makanan  yang ia pesan tadi. Yang ia pesan ialah Kake udon, sejenis mi, warnanya putih besar besar tanpa toping.
            Saat Fushiko sedang mengamati perlakuan aneh si pengunjung tadi, tiba-tiba datanglah sepasang kakek dan nenek yang telah selesai makan dan hendak membayar di kasir. Fushiko sedikit terkejut saat melihat si pengunjung aneh itu mengangkat tangan. Membungkuk. Kepala mencium tanah. dan duduk bersimpuh. Kemudian datanglah Norika sambil membawa pesanan pengunjung aneh itu. Norika terheran melihat teman baiknya bengong dan mengikuti pandangan mata Fushiko, dijelaskanlah oleh Norika bahwa lelaki aneh itu seorang muslim yang sedang oinori (sembahyang). Bukan hanya oinori-nya orang ,muslim saja yang membuat Fushiko terheran-heran. Danjiki (puasa) nya orang muslim yang dilaksanakan selama 1 bulan penuh juga membuat Fushiko mengerutkan dahinya. Suatu hari Norika mengajak Fushiko ke acara komunitas muslim, katanya mereka akan melaksanakan “pesta” setelah sebulan danjiki.
            Satu aula hampir penuh. Laki-laki didepan dan perempuan dibelakang. Mereka bernyanyi bersama dan dipimpin oleh satu orang. Fushiko merinding mendengarnya.  Fushiko melihat pria aneh yang tempo hari berkunjung ke restoran tempat ia bekerja, pria aneh itu datang bersama istrinya, kesan pertama Fushiko terhadap istri pria itu adalah tidak modis, baju kebesaran,  jilbab yang sangat lebar dan celana panjang dibalik rok lebarnya. Di aula tersebut tidak hanya orang Aljazair saja ternyata ada banyak warga muslim dari negara lain sepert dari Indonesia, Arab, China, bahkan juga ada warga Jepang. Seorang wanita Jepang menghampiri Fushiko dan menyapanya dengan ramah dan santun. Ketika Fushiko hendak menghampiri Norika, orang-orang berdiri semua, mereka oinori bersama dan dipimpin oleh seseorang. Setelah  mereka usai melakukan oinori bersama Fushiko dan norika diajak makan bersama mereka di aula besar tersebut.
            Sejak ikut acara “pesta” di aula itu Norika berubah menjadi pendiam, beberapa kali Fushiko memergoki Norika sedang berbincang dengan wanita Jepang yang bertemu di aula besar tempo hari. “Apakah Norika tertarik dengan Islam ?” Fikir Fushiko dalam hati. Hingga suatu hari Norika mengajak Fushiko untuk ikut dengannya berkumpul dengan wanita muslim itu. Norika bertanya kepada Fushiko “Fushiko, kamu nggak tertarik dengan Islam ?” ternyata benar dugaan Fushiko, Norika benar-benar tertarik dengan islam dan Norika merasa nyaman bila bersama teman wanitanya yang beragama Islam. “Akankah Norika berubah ?” batin Fushiko.
            Dari 15 cerpen di dalam buku ini memiliki persamaan dalam segi tema. Secara garis besar tema dari semua cerpen di  buku ini adalah Kehidupan masyarakat muslim yang tinggal di Negri Sakura, Jepang. Keunggulan buku ini dapat dilihat dari gaya bahasanya yang sangat  menginspirasi para pembaca. Dengan hadirnya buku ini diharapkan membawa perubahan pada pola pikir para pembaca, dan bisa memotifasi para pelajar Indonesia untuk menuntut ilmu di negara samurai tersebut. Sebagai peresensi dari buku Sakura Mekar di Padang Salju ini, menilai bahwa buku kumpulan cerpen ini baik untuk dipublikasikan, karena cerita-ceritanya sangat inspiratif. 

1 komentar:

  1. http://nalurerenewws.blogspot.com/2018/08/taipanqq-wanita-hindari-3-kalimat-ini.html
    http://infotaipanbiru.blogspot.com/2018/08/taipanqq-4-perberdaan-kebiasaan-tidur.html


    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : E314EED5

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus

ingat waktu ya ^_^

Hamster ku